3 Cara Mengembalikan Akun Instagram Kena Hack yang Efektif

Ada beberapa cara mengembalikan akun Instagram kena hack yang dapat dilakukan oleh pengguna ketika akunnya dihack seseorang. Masalah ini tentu akan sangat mengganggu karena dapat mengancam privasi serta adanya risiko data-data akan hilang.

Jangan khawatir, berikut ini akan dijelaskan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengembalikan akun Instagram.

Cara Mengembalikan Akun Instagram Kena Hack yang Efektif

  1. Menggunakan Menu Impersonation Account

Ketika akun Instagram (IG) di hack, pengguna dapat memilih menu “Impersonation Account” untuk melaporkan bahwa akun telah diambil alih orang lain. Menu ini dapat diakses melalui website help.instagram.com. Setelah itu pengguna diwajibkan untuk mengisi form yang telah disediakan.

  • Meminta Akses Link Untuk Login

Cara mengembalikan akun Instagram kena hack mudah yang bisa dilakukan pengguna untuk masuk ke akun IG yang telah di hack adalah dengan meminta akses masuk. Akses tersebut berupa link login yang akan dikirim ke nomor HP yang terdaftar pada akun Instagram.

Berikut penjelasan terkait langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Masuk ke aplikasi Instagram
  • Pada halaman login, klik “Get Help Signing In” untuk android dan “Forgot Password” untuk iOS
  • Berikutnya masukkan nomor HP yang telah terdaftar 
  • Setelah itu Instagram akan mengirimkan link login ke nomor tersebut
  • Apabila berhasil masuk ke akun Instagram, segera ganti password dan pastikan password baru tidak mudah ditebak
  • Menghubungi Pusat Bantuan

Pertama pengguna dapat menghubungi pusat bantuan Instagram melalui opsi pemilihan bahwa akun telah dihack. Untuk langkah-langkahnya yakni:

  • Masuk ke laman help.instagram.com lewat browser yang ada di perangkat Anda
  • Klik menu ‘Privacy’ lalu safety dan terakhir pilih ‘Report Something’
  • Lanjut ke bagian ‘I think my account has been hacked’
  • Klik “Report it to us” dan selanjutnya pengguna akan diarahkan untuk menjawab beberapa pertanyaan

Dengan memilih cara ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya:

  • Akun IG Akan Menghilang Sementara

Setelah pengguna melaporkan kasus hack dan mendapat respons, akun IG yang sudah dilaporkan akan menghilang dari search column. Pada saat itu pengguna tidak perlu panik. Karena hal ini merupakan salah satu cara mengembalikan akun Instagram kena hack yang diambil IG untuk memastikan tindakan pembobolan memang terjadi.

Selain itu, pengguna perlu ingat bahwa jangan mencoba mendaftar akun dengan nama yang sama. Ini justru akan membuat bingung pihak IG dan justru laporan hack dianggap tidak benar.

  • Instruksi Akan Dikirim Melalui Email

Instagram akan mengirim instruksi melalui email yang didaftarkan ketika membuat akun. Nantinya pengguna diminta mengisi data diri mulai dari username, nama lengkap, serta kata sandi yang ditulis di atas kertas. Selain itu pengguna akan diminta untuk berswafoto dengan kertas yang berisi kata sandi sebagai bentuk verifikasi pemilik asli akun tersebut.

  • Mengisi Formulir

Apabila proses verifikasi telah berhasil, langkah berikutnya pengguna harus mengisi formulir yang dikirim Instagram secara lengkap dan benar. Pastikan tidak ada pertanyaan yang terlewat agar masalah Anda dapat segera ditangani. Untuk hasil selanjutnya, pengguna perlu menanti 4 – 7 hari kerja hingga akun bisa muncul lagi pada search column. 

Terakhir, Anda akan mendapatkan sebuah e-mail balasan dari pihak IG. Anda tinggal ikuti langkah-langkah memulihkan akun Anda yang dikirim tersebut. Setelah itu akun Anda sudah siap digunakan kembali.

Demikian beberapa cara mengembalikan akun Instagram kena hack yang bisa dilakukan oleh para pengguna. Untuk menghadapi situasi ini, hindari bersikap panik karena justru akan menghambat Anda mengambil keputusan.